welcome

We kindly serve you, find your identity in Indonesia

Senin, 04 Maret 2013

Wisata Menarik di Utara Pulau jawa Tengah Karimunjawa

Pulau Karimunjawa terletak di kepulauan Laut Jawa yang masih termasuk Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Karimunjawa ditemukan oleh Sunan Muria. Legenda cerita yang beredar kala itu, Sunan Muria prihatin dengan kenakalan anaknya, Amir Hasan. Sunan Muria bermaksut mendidik anaknya kemudian memerintahkan anaknya pergi ke sebuah pulau yang tampak kabur "kremun kremun" dari puncak gunung Muria. Agar si anak memperdalam serta mengembangkan ilmu agamanya. Dari kata-kata 'kremun kremun itulah nama Pulau Karimunjawa dipakai.

  Pada tanggal 15 Maret 2001, Karimunjawa ditetapkan pemerintah Jepara sebagai Taman Nasional. Karimunjawa dijadikan rumah terumbu karang, hutan bakau, serta 400spesies fauna laut, terdapat 242 jenis ikan hias. Dan banyak fauna langka yang berhabitat disini, penyu sisik,penyu hijau dan elang laut dada putih. Tumbuhan khas Taman Nasional Karimunjawa ialah dewadaru [Crystocalyx macrophyla] yang banyak terdapat pada hutan hujan dataran rendah. Ombak disana tergolong rendah dan jinak, dibatasi pantai yang berpasir putih halus.

  Tranportasi umum menuju Pulau Karimunjawa bisa lewat laut dan udara.  Untuk perjalanan lewat udara ditempuh dari Bandara Ahmad Yani, Semarang menuju ke Bandar Udara Dewa Daru di Pulau Kemujan dengan pesawat CASSA 212 yang telah di sediakan oleh   PT. Wisata Laut Nusa Permai  [Kura-Kura Resort]. Waktu yang ditempuh kurang lebih sekitar 30 menit.  Untuk perjalanan lewat laut, dari Semarang dan Jepara. Kalau dari Tanjung Emas, Semarang kita bisa naik kapal cepat, berangkatnya tiap hari Sabtu jam 9 pagi, kapal balik dari Karimunjawa hari Minggu siang, lama perjalanan sekitar 2-3 jam. Untuk yang lewat Pelabuhan Pantai Kartini, Jepara naik kapal Muria berangkat setiap 2 hari sekali. Lama perjalanan kurang lebih sekitar 6 jam. Biasanya berangkat hari Selasa,Kamis,Sabtu jam 9 pagi. Untuk balik hari Rabu,Jumat,Minggu jam 8 pagi. Tetapi jadwal bisa berubah dengan kondisi cuaca dan ombak di Laut Jawa. Untuk Pelabuhan Jepara bisa membawa kendaraan, motor dan mobil.

  Untuk teman-teman yang mau berwisata ke Pulau Karimunjawa jangan lupa ajak aku.                        

Foto Pulau Karimunjawa





















































Berenang bersama hiu, sensasi adrenalin. Enak kali ya kalau ditoel-toel hiu.
sumber : http://gedebekan.blogspot.com/2012/09/foto-pulau-karimunjawa.html

0 komentar:

Posting Komentar