welcome

We kindly serve you, find your identity in Indonesia

Rabu, 13 Februari 2013

5 Desa Wisata Yogyakarta Wajib Dikunjungi

Wisata alam pedesaan memang mempunyai keistimewaan tersendiri, mulai keindahan alam dan hijaunya hamparan area persawahan, serta berbagai macam kegiatan yang bisa dilakukan seperti membajak sawah, menanam padi, beternak, memanen padi dan menikmati pertunjukan seni dan kebudayaan menjadi hal menarik yang bisa kita lakukan dan kita nikmati. Wisata desa bisa anda jadikan tempat untuk menenangkan pikiran jauh dari kehidupan kota, dan bisa anda jadikan wisata edukasi bagi anak- anak anda untuk lebih mengenal kehidupan desa yang ramah tamah dan mempunyai kpribadian yang baik. Berikut adalah 5 wisata desa yang menarik anda kunjungi, tentunya dengan keunikan dan keistimewaanya yang sangat luar biasa.
1.Desa wisata Pentingsari
Desa penting sari menawarkan kenyaman, keindahan, dan pertunjukan kesenian yang istimewa, di desa ini anda juga bisa untuk singgah sementara lepas dari kehidupan kota dengan disediakanya home stay. desa pentingsari cocok untuk berlibur keluarga, untuk menambah kebersamaan dengan melakukan berbagai kegiatan dan berbagai fasilitas yang disediakan didesa ini. Berbagai macam obyek wisata dan benda bersejarah yang bisa anda nikmati didesa ini akan memberikan pengalaman baru yang tidak mungkin anda dapatkan diperkotaan, berbagai macam benda bersejarah dan obyek wisata yang bisa anda nikmati seperti, (pancuran suci sendangsari) , (luweng), (Rumah joglo), (Wisata lingkungan) menikmati indahnya alam pedesaan lengkap dengan area persawahan, udara yang sejuk, sungai yang bergemricik, dan pemandangan petani yang sedang membajak sawah dan menanam padi, merupakan harmonisasi yang bisa membuat anda merasa nyaman berada disini. Selanjunya (batu dakon), (ponteng) dan ( batu persembahan) , Didesa penting sari anda juga bisa menikmati berbagai macam pertunjukan budaya daerah khas masyarakat setempat. Berbagai macam kegiatan seperti outbound, bajak sawah, memancing, sepakbola lumpur, dan panen padi bisa anda nikmati disini tentunya dengan berbagai berbagai harga sewa.
2. Desa Wisata Sidoharjo
Perbukitan manoreh yang begitu indah , alami dan kesejukan udara khas pegunungan, itu semua yang ditawarkan di desa wisata sidoharjo, Desa wisata sidohajo menawarkan berbagai macam kegiatan yang bisa anda lakukan, mendekatkan diri dengan alam dan penduduk sekitar tentunya menjadi proritas utama sebagai tempat wisata yang ditujukan untuk itu. Menjelajahi alam memang sangat menyenangkan terutama wilayah wilayah perbukitan perbukitan manoreh dan lokasi desa wisata ini, dalam kegiatan penjelajahan alam, anda bisa menemukan  curug atau dalam bahasa Indonesia air terjun”air terjun sidoharjo”. yang mempunyai tinggi 75 meter, selain itu anda juga bisa menemukan gua lawa(kelelawar), yang merupakan gua yang terbentuk dari batuan besar yang diapit oleh sungai. Flora dan fauna langka juga terdapat dihutan disekitar desa ini, seperti ratusan monyet ekor panjang yang merupakan hama dari perkebunan yang dimiliki warga, selain itu macan tutul, luwak, musang, trenggiling, biawak dan garangan juga ada disini, walaupun jumlahnya tidak terlalu banyak. Seperti halnya desa wisata lainya didesa wisata sidoharjo anda akan dihibur dengan pertunjukan kesenian daerah mulai dari jathilan sampai denga karawitan akan setia menghibur anda.
3. Desa Wisata Ketingan
Yang paling menarik yang bisa anda lakukan didesa ini adalah, meneropong dan melihat aktifitas burung kuntul putih dari gardu pandang, waktu yang pas jika anda ingin melihat burung kuntul putih pada waktu pagi dan sore, saat pagi burung kuntul ini melakukkan aktivitas dengan berterbangan keluar desa dengan bergerombol, sedangkan waktu sore hari burung kuntul putih akan kembali pulang kedesa ketingan ini,  Selain itu saat bulan purnama anda akan melihat tingkah laku burung kuntul yang unik, burung kuntul putih ini akan berterbangan dari sore hingga malam diatas desa ketingan, desa ketingan memang  sudah menjadi habitat dan rumah bagi burung kuntul putih karena keadaan desa yang masih terdapat pohon- pohon yang menjulang tinggi dan rimbun yang bisa digunakan untuk bersarang, tentunya ini akan menjadi hal yang sangat menarik untuk anda lihat bersama keluarga dan anak- anak anda. Selain kegiatan meneropong burung kuntul, tentunya kegiatan bertani dan melihat pertunjukan seni desa menjadi sajian utama dari desa wisata ketingan ini.
4. Desa  Wisata Kebun Agung
Desa wisata kebun agung juga disebut sebagai desa wisata tani, didesa ini anda akan diberi pendidikan lebih jauh untuk bertani dan kehidupan desa yang damai dan menyenangkan. Banyak kegiatan yang bisa anda lakukan disini, mulai dari menanam padi, membajak sawah, dan memanen padi, tentunya ini sangat menyenangkan bagi sekeluarga, anak- anak dan bagi anda yang baru melihat indahanya desa dan baru datang dari kota.  Selain itu anda bisa menikmati wisata lain yang berada didesa kebun agung, mulai dari  bendungan tegal , bendungan yang mempunyai keindahan disepanjang aliran sungainya, dan bendungan ini biasanya digunakan sebagai perlombaan kapal naga, selain itu kegiatan memancing dan memutari bendungan dengan kapal juga menajdi hal menarik yang bisa anda dapatkan di bendungan tegal  ini. didesa wisata kebun agung ini anda juga bisa menemukan museum tani, yang didalamnya anda akan menadapatkan pendidikan dan pelajaran dari berbagai alat- alat pertanian  tradisional yang mungkin belum anda lihat dan belum pernah anda dengar, mulai dari ani- ani, jodang, luku, ganco, tlenyem, garu, singkal, kejen dan gosok, selain alat- alat pertanian tersebut anda juga bisa menemukan berbagai macam peralatan dapur tradisional, mulai dari tungku, kendil, shotil dan berbagai macam alat dapur tradisional lainnya. Tentunya semua itu akan menjadi hal yang menyenangkan bagi keluarga dan teman- teman anda.
5. Desa Wisata Srowolan
Didesa wisata srowolan  ini anda bersama bersama keluarga akan diajak melakukan berbagai macam aktivitas pedesaan dan menikmati fasilitas tantangan dengan suasan pedesaan, yang dilengkapi dengan suasana persawahan yang elok, suara gemricik air sungai, dan berbagai macam kicauan burung yang menenagkan pikiran, meninggalkan kepenatan kota.  Menikmati liburan bersama keluarga disini sungguh menyenagkan anda bisa menikmati fasilitas keluarga seperti, kolam air, kolam lumpur, kebun salak, pemancingan , sarana outbond, area makan keluarga dengan kuliner tradisional, pertunjukan kesenian tradisional, rumah tinggal sementara, serta wisata alam yang bisa mempererat keharmonisan keluarga anda. Sedangkan fasilitas yang bisa didapatkan untuk siswa SD, SMP serta SMA yang sedang mengadakan wisata alam pendidikan, disini bisa mendapatkan fasilitas seperti camping, wisata alam, sarana outward bound serta disediakan wisata kuliner tradisional yang tentunya semua itu akan menjadikan pendidikan secara langsung  yang banyak manfaatnya bagi anak- anak.

Sumber : http://yogyakarta.panduanwisata.com/wisata-alam-2/5-desa-wisata-di-yogyakarta-yang-menarik-untuk-anda-kunjungi-lengkap-dengan-pesona-alam-dan-kegiatan-yang-menyenangkan/

0 komentar:

Posting Komentar