welcome

We kindly serve you, find your identity in Indonesia

Selasa, 31 Agustus 2010

Kupas Tuntas Alam Papua

Siapa yang tidak mengenal Papua? Papua adalah pulau paling Timur di negeri Indonesia ini. Perlu kita sadari, pendidikan masyarakatnya masih tertinggal jauh dibandingkan dengan wilayah pelosok lain di Indoneia. Mungkin salah satunya adalah karena jauhnya jangkauan serta sarana dan pra sarana yang kurang memadai di sana. Tetapi ada yang menarik yang Saya temui dari Wilayah Papua ini. Saya akan mengupas habis keindahan yang dimiliki oleh alam Papua diantaranya:

1. Ini salah satu yang Saya suka dari Papua. Papua kaya akan daerah yang strategis untuk pariwisata. Banyak keindahan alam yang tercipta di sana. Mulai dari Pantai, Hutan, Gunung, Rawa, semuanya masih alami dan belum tercemar seperti di kota kota besar.






2. Yang kedua adalah ragam budayanya. Di papua terkenal adanya sebuah suku yang masih terbilang pribumi yang bernama Suku Asmat. Ini juga adalah salah satu keunikan yang tidak dimiliki daerah manapun selain di Papua. Suku ini terkenal ramah, dan mereka mempercayai teguh bahwa mereka hidup dari alam, sehingga merusak alam adalah hal yang dilarang dalam suku mereka. Inilah salah satu faktor yang mendukung terjaganya ekosistem di tanah Papua. Rumah mereka pun tidak terbuat dari bata, tetapi terbuat dari dedaunan yang disusun sedemikian rupa. Keunikan lainnya adalah ragam patung yang mereka (Suku Asmat) buat, untuk ragam acara adat. Patung tersebut terbuat dari kayu yang dipahat menyerupai manusia. Beberapa diantaranya telah diikutsertakan dalam festival internasional.







Dengan keunikan keunikan yang Saya sebut di atas, seharusnya Papua bisa menjadi salah satu penambah devisa Negara dalam bisang pariwisatanya. Alam yang bagus, Suku yang unik, dan seni yang indah. Secara keseluruhan, materi untuk dikembangkannya dunia pariwisata di Papua lebih dari cukup. Tetapi mungkin karena sarana prasarana yang belum memadai, potensi alam nan indah khas Papua belum bisa mencuri hati para turis asing dan domestik. Semoga sarana dan pra sarana di sana cepat berkembang, dan dapat dijadikan salah satu objek wisata unggulan Indonesia. Amin.

0 komentar:

Posting Komentar