welcome

We kindly serve you, find your identity in Indonesia

Rabu, 13 Februari 2013

Tempat kuliner unik di Yogyakarta

Yogyakarta, kota yang lengkap dengan pariwisata, pendidikan dan tentunya kulinernya,,,jika anda sedang berkunjung keYogyakarta tak lengkap rasanya jika tidak merasakan makanan khas jogja sendiri dan berbagai macam makanan yang unik dan istimewa untuk menggoyan lidah anda dan memuaskan wisata kuliner anda.  Berikut ini 5 tempat kuliner  yang bisa anda kunjungi jika berada di Yogyakarta dengan keunikan dan keistimewaan masakananya.
1. Rumah Makan Jejamuran
Rumah makan jejamuran, Rumah makan yang unik dan berbeda dengan rumah makan yang lainnya, rumah makan jejamuran menyediakan menu serba jamur mulai dari masakan sampai minumannya, jamur yang digunakan rumah makan ini Mulai dari jamur tiram, jamur merang, jamur shiitake, jamur kancing, jamur lingzhie dan  masih banyak lagi. Menu yang disediakan di Restoran ini bervariatif, mulai dari sate jamur, sup jamur, oseng- oseng jamur, pepes jamur, empal jamur dan masih banyak lagi menu yang ditawarkan, dari olahan jamur yang pedas sampai yang manis, dari yang kering sampai yang berkuah, dari yang dibakar sampai yang digoreng anda bisa nikmati direstoran ini. Mulai dari harga Rp.4.000 sampai ribuan rupiah, anda bisa memilih menu yang sesuai dengan selera anda.  Selain itu dirumah makan ini anda akan di beri pengetahuan tentang membudidayakan jamur serta kegunaan dan manfaatnya bagi tubuh kita, tersedia juga jamur segar yang bisa anda jadikan oleh- oleh untuk keluarga dirumah.
2. Rumah Makan Sabar Menanti
Rumah makan yang memiliki keisitimewaan dengan setiap menunya yang akan menggoyang lidah anda, namun yang harus anda coba jika datang kerumah makan ini adalah menu pecel lele dan pecel sayur ditambah trancam segarnya. Pecel lele menjadi favorit dan mantab karena sambal yang begitu dahsyat dipadu dengan gurihnya lele yang masih hangat, sambal yang begitu nikmat dengan aroma dan gurihnya bau terasi yang menjadikan sambal begitu luar biasa mantabnya. Untuk pecel sayur , kesegaran sayuran yang berbahan utama daun papaya ini memberikan kenikmatan tersendiri, kebanyakan orang mengira daun papaya pahit dan tidak cocok dikonsumsi tapi tidak di rumah makan sabar menanti ini, daun papaya disulap menjadi sayur yang gurih tanpa ada rasa pahit sedikitpun, sedangkan untuk terancam sendiri merupakan perpaduan dari sayuran- sayuran, toge dan parutan kelapa mentah, perpaduan dari semuanya memberikan kesegaran saat kita mengunyahnya. Ditemani dengan minuman khas jawa es cendol dengan cincau hijau tentunya yang akan menyegarkan dan menyejukan tenggorokan setelah merasakan nikmat pedasnya pecel lele.
3. Gudeg Jogja di Kampung Wijilan
Siapa yang tidak tahu dengan masakan khas kota jogja ini” Gudeg Jogja”, masakan yang menjadi icon dan identitas kota Yogyakarta , masakan dengan segala kelezatanya ini bisa anda temukan di sepanjang kampong wijilan , yang merupakan kampong pertama kali resep dan gudeg jogja dibuat. Gudeg Jogja berbahan dasar Gori atau nangka muda , yang dikukus sekitar 24 jam dalam suhu yang sangat panas untuk menguapkan kuahnya. Gudeg Jogja berbeda dengan Gudeg yang lain karena tidak berkuah, gudeg kering berwarna coklat tua kemerah- merahan dengan rasa yang manis dan gurih. Gudeg Jogja ini bisa anda nikmati dengan berbagai lauk, mulai dari daging ayam dan telur yang direbus  dan dipindang hingga berwarna coklat,dipadu dengan rasa pedas yang didapat dari perpaduan tempe dan sambel krecek menjadikan gudeg ini mempunyai cita rasa pedas manis yang bisa membuat lidah anda bergoyang.
4. Rumah Makan Raminten
Unik, serba murah, tradisional dan tentunya istimewa itulah yang akan anda temukan di raminten, Menu masakan yang unik dan berbagai macam masakan dari yang tradisional sampai modern ada di raminten ini, mulai dari nasi kucing, nasi sederhana dengan lauk sambal teri dan kering ini sangat lezat dan murah, gurihnya sambal teri dan kering akan membuat anda ketagihan mencoba lagi dan lagi, semakin lezat dengan diitambah gorengan mendowan dan bakwan, mendowan sendiri adalah tempe yang digoreng dengan tepung, gurih dan pas mantab itulah gambarannya. Tersedia berbagai macam menu yang mungkin masih asing dan bisa membuat anda bertanya- tanya dengan nama menu masakan dirumah raminten ini, seperti, es susu perawan, es purworukmi, es gajah nddekem, cunduk raminte ayam koteka, jangkrik keju, satelit dan masih banyak lagi menu unik dan istimewa yang bisa anda temukan disini tentunya dengan rasa yang istimewa.
5. Bakmi Kadin
Bakim jawa kadin sudah tidak diragukan lagi kelezatannya, banyakk orang luar daerah, dari Jakarta, Semarang mapun Surabaya datang untuk meinkmati bakmi jawa kadin ini. Bakmi kadin memang terkenal dikalangan wisata kuliner, bahkan  tempat ini menjadi favorit mantan Presiden Indonesia Bapak Soeharto jika sedang berada di Yogyakarta. Setiap harinya bakmi jawa kadin mampu menghabiskan 500 porsi bakmi jawa dan terus bertambah pelanggan setiap harinya. Seperti bakmi jawa kebanyakan, bakmi jawa kadin menggunakan bahan utama mie, ayam, kol, bawang goreng, telor bebek, tomat, daun bawang dan kekian, yang membuatnya unik adalah pemasakannya yang menggunakan arang, bau khas arang menjadikan bakmi ini mempunyai bau bakar yang khas. Gurihnya bertambah dengan adanya telur bebek dalam kuah yang kental. Percampuran antara bahan- bahan dan bumbu yang pas menjadikan bakmi ini sangat nikmat dan legit untuk dimakan. Kenikmatan bakmi jawa akan semakin lengkap dengan ditemani wedang bajigur, bakmi jawa dan wedang bajigur adalah menu andalan dari bakmi kadin. Wedang bajigur sendiri terbuat dari campuran gula aren, kopi dan jahe, aroma jahe dan hangat jahe akan menghangatkan badan dan meningkatkan stamina anda.

Sumber : http://yogyakarta.panduanwisata.com/wisata-kuliner-2/5-tempat-kuliner-unik-menarik-dan-istimewa-di-yogyakarta/

0 komentar:

Posting Komentar