welcome

We kindly serve you, find your identity in Indonesia

Senin, 31 Oktober 2011

Dukungan Komodo 9818, Demi Status Terjebak Korbankan Uang


Pulau Komodo memiliki kesempatan besar menjadi tujuh keajaiban dunia. Masyarakat harus diikutsertakan dalam pemilihan Pulau Komodo menjadi tujuh keajaiban dunia. Komodo membutuhkan minimal 25 juta SMS. Penduduk kita saat ini 200 juta lebih. Diperkirakan kepemilikan telepon genggam mencapai 160 juta. Kalau seperlima saja mengirim SMS, maka komodo akan masuk 7 keajaiban dunia. Setidaknya, dibutuhkan 120 juta SMS sebagai dukungan suara bagi Komodo, agar bisa masuk kategori menjadi tujuh keajaiban baru bagi masyarakat dunia (New 7 wonders of nature). Jumlah SMS tersebut, diharapkan sudah rampung sebelum tanggal 11 Nopember 2011.

Kemenangan Pulau Komodo memiliki arti sangat perting. Terutama bagi pertumbuhan ekonominya. Sampai saat ini NTT tercatat sebagai provinsi dengan pendapatan terendah. Kemenangan Pulau Komodo tentu akan membawa perubahan ekonomi yang lebih cepat.Jika Komodo sukses menjadi salah satu dari tujuh keajaiban alam dunia, maka dapat dipastikan, akan terjadi multy player effect terhadap kehidupan masyarakat. Secara umum, Indonesia semakin memperkukuh posisinya di mata dunia sebagai negeri yang alamnya kaya dengan eksotisme yang menantang untuk dikunjungi. Sementara itu, penduduk Pulau Komodo dan masyarakat di Nusa Tenggara yang selama ini dikenal sebagai kawasan berpenduduk rata-rata masih di bawah angka kemiskinan, akan terimbas dan terdorong kehidupan ekonominya, karena kunjungan orang-orang berduit dari manca negara berdatangan ke sana. Dan sudah tentu, juga akan terjadi perbaikan sarana dan prasarana infrastruktur dari pemerintah pusat ataupun karena bantuan dunia, sehingga hal itu akan memicu aktivitas peningkatan kegiatan ekonomi rakyat. Pendapatan propinsi NTT pada 2011 mencapai Rp 343 miliar. Jumlah ini tentu bisa meningkat, apabila Pulau Komodo berhasil terpilih menjadi The Seven Wonders. Diperkirakan pendapatan dari sektor pariwisata akan meningkat. Cara ini paling mudah untuk meningkatkan perekonomian NTT.

Voting untuk pulau Komodo hanya tersisa 40 hari lagi. Pemungutan suara ini akan ditutup pada Jumat (11/11). Sempat bertengger diposisi ke-4, Pulau Komodo kini berada jauh merosot di posisi ke-12. Masyarakat tak perlu khawatir mengenai biaya SMS. Mulai Kamis (15/10), SMS gratis untu telepon operator XL, Indosat, dan Flexi. Sedangkan untuk operator lainnya akan menyusul gratis tanggal 15-17 November. Ingat ketik Komodo, kirim ke 9818.

Komodo

Satu-satunya kadal purba yang masih tersisa di dunia, komodo (Varanus komodiensis) adalah salah satu dari “New Seven Wonders of Nature”. Komodo atau biawak komodo adalah spesies kadal terbesar di dunia yang hidup di pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Gili Dasami di Nusa Tenggara. Biawak ini oleh penduduk asli pulau Komodo juga disebut dengan nama setempat ora.

Termasuk anggota famili biawak Varanidae, dan klad Toxicofera, komodo merupakan kadal terbesar di dunia, dengan rata-rata panjang 2-3 m. Ukurannya yang besar ini berhubungan dengan gejala gigantisme pulau, yakni kecenderungan meraksasanya tubuh hewan-hewan tertentu yang hidup di pulau kecil terkait dengan tidak adanya mamalia karnivora di pulau tempat hidup komodo, dan laju metabolisme komodo yang kecil. Karena besar tubuhnya, kadal ini menduduki posisi predator puncak yang mendominasi ekosistem tempatnya hidup.

Komodo ditemukan oleh peneliti barat tahun 1910. Tubuhnya yang besar dan reputasinya yang mengerikan membuat mereka populer di kebun binatang. Habitat komodo di alam bebas telah menyusut akibat aktivitas manusia dan karenanya IUCN memasukkan komodo sebagai spesies yang rentan terhadap kepunahan. Biawak besar ini kini dilindungi di bawah peraturan pemerintah Indonesia dan sebuah taman nasional, yaitu Taman Nasional Komodo, didirikan untuk melindungi mereka.

0 komentar:

Posting Komentar